internet satelit

BANGUN LEBIH 2500 LOKASI AKSES INTERNET SATELIT UNTUK BAKTI

Untuk mendukung akselerasi akses Internet di Indonesia Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terus membangun infrastruktur telekomunikasi di daerah-daerah prioritas melalui berbagai inisiatif.

“Berbagai inisiatif yang dilakukan BAKTI tercakup dalam empat layanan utama yaitu Layanan Akses Internet, Penyediaan Base Transceiver Station (BTS), Palapa Ring, dan Satelit Multifungsi,” kata Direktur Utama BAKTI Kominfo, Anang Latif dalam keterangan, Selasa (15/3/2022).

Inisiatif tersebut tampak dalam Program Merdeka Sinyal 2024, BAKTI telah menjangkau 15.559 titik akses internet di kawasan 3T dan perbatasan (lastmile), membangun 2.401 BTS dengan target 7.904 lokasi.

Bahkan, BAKTI Kominfo juga merencanakan pembangunan ±150.000 titik akses internet dengan teknologi satelit. Selanjutnya, Palapa Ring dan Satelit Multifungsi akan turut memberikan dampak signifikan bagi perluasan akses Internet di daerah 3T (terdepan, terluar, tertinggal).

“Dengan adanya dukungan infrastruktur tersebut, BAKTI Kominfo melalui Direktorat Layanan TI untuk Masyarakat dan Pemerintah (LTIMP) telah mengimplementasikan 44 inisiatif ekosistem digital yang mencakup empat sektor yaitu pendidikan dan literasi digital, pariwisata, UKM, serta layanan kesehatan dan pemerintahan. Hal ini menjadi tugas bagi direktorat LTIMP untuk menyelenggarakan program terkait pemanfaatan infrastruktur,” ujar Anang.

Adapun program tersebut meliputi pengembangan sumber daya manusia khususnya guru di wilayah Indonesia Timur. Dalam program ini, BAKTI Kominfo bekerja sama dengan Ruangguru melalui Indonesia Teaching Fellowship (ITF) di wilayah Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Timur, Papua dan Papua Barat. Ruangguru telah bermitra dengan 32 pemerintah daerah (pemda) yang memungkinkan replikasi program ITF di provinsi lain di Indonesia.

Pada sektor pariwisata dan UKM, BAKTI Kominfo telah membantu pengembangan dan pemanfaaan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) di wilayah 3T untuk mendukung pariwisata online dan pengembangan ekonomi digital di desa-desa.

BACA JUGA  Kacific Hubungkan Wilayah 3T Indonesia

Sampai saat ini program BAKTI Kominfo telah memberikan layanan Internet di 463 kabupaten/kota di Indonesia. Ke depan, diharapkan akan semakin banyak wilayah yang terjangkau internet sebagai upaya mewujudkan Indonesia sebagai kekuatan digital di dunia.

Berbagai program yang dilakukan BAKTI Kominfo di atas terus membuahkan hasil positif. Peran BAKTI dalam menyediakan akses Internet terutama di daerah 3T tidak hanya diapresiasi oleh masyarakat lokal dan nasional, tetapi juga diakui oleh dunia internasional.

Sebagai bentuk kontribusi nyata Kacific Indonesia dalam memenuhi kebutuhan akses internet yang memadai dan merata untuk masyarakat Indonesia, Kacific Broadband Satellites Group bersama mitra di Indonesia, PT Bis Data Indonesia (BIGNET) dan PT Primacom Interbuana (PRIMACOM), menyelesaikan pembangunan lebih dari 2.500 lokasi akses internet satelit dengan rekor waktu lima bulan.
Pembangunan ini merupakan proyek penyediaan akses internet satelit untuk infrastruktur pemerintah di daerah yang dipimpin oleh Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI).
BAKTI menggunakan dan mengelola dana dari Universal Service Obligation (USO) untuk penyediaan infrastruktur dan layanan telekomunikasi. Salah satu proyek terbesarnya adalah penyediaan akses internet di daerah 3T (tertinggal, terdepan, terluar) yang dianggap tidak layak secara bisnis.
Dalam proyek ini Kacific, BIGNET, dan PRIMACOM bekerja sama dengan BAKTI untuk menyediakan akses internet satelit berkecepatan tinggi ke sekolah-sekolah, pusat pelatihan kejuruan, pusat kesehatan masyarakat, lokasi wisata, balai desa dan kantor pemerintah.
Meskipun banyak tantangan dalam pembangunan proyek ini karena tersebar di beberapa pulau dengan lokasi terpencil di seluruh Indonesia, Kacific dan BIGNET serta PRIMACOM tetap menjalankan misi dengan baik dan menjadi salah satu penyedia layanan terbesar untuk proyek BAKTI karena dapat memenuhi permintaan bandwidth berkecepatan tinggi dengan harga yang kompetitif.
Semoga proyek ini dapat menjebatani kesenjangan digital dan menyediakan akses internet berkecepatan tinggi yang terjangkau, mendorong pertumbuhan ekonomi, dan memperkuat ketahanan nasional.
BERMINAT MENYEDIAKAN AKSES INTERNET SATELIT DI DAERAH ANDA? CEK PAKET BERLANGGANAN KAMI SEKARANG DI HALAMAN INI ATAU HUBUNGI TIM PEMASARAN KAMI DI NOMOR HP/WA 0811-282157

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Discount up to 30% for new members

Open chat
Hallo 👋
Apa yang ingin anda Tanyakan?